info berita

Wednesday, January 15, 2014

Setelah Mengamuk, Gubernur Aceh Akhirnya Bersedia Jumpai Mantan GAM Deli Di Pendopo Gubernur Aceh


Foto : Ilustrasi Pasukan GAM Tempo dulu

Banda Aceh- Setelah mengamuk akhirnya puluhan mantan anggota Gerakan Aceh Merdekawilayah Deli yang sudah berkumpul di pondopo ditemui oleh Gubernur Aceh.

Kedatangan puluhan mantan pasukan GAMwilayah Deli untuk bertemu Gubernur dan Malik Mahmud Alhaytar yang tidak lain adalah mantan petinggi mereka dimasa konflik, guna untuk menyampaikan uneg-uneg dan ingin mengabarkan kondisi hidup mereka yang morat-marit pasca damai, serta ingin menagih kesejahteraan dan agar di perhatikan.

Jangan karena pasukan GAM wilayah Deli tidak termasuk dalam perjanjian Helsinki, maka nasib mereka yang sejatinya juga berkorban dan berperang untuk GAM tidak di perhatikan. ” Itu sebab merek datang, dan menagih kesejahteraan, Tapi barusan Gubernur sudah mau bertemu” Ujar Sumber acehbaru.com.

Pasukan GAM wilayah Deli adalah Pasukan GAM yang beroperasi didaerah Langkat Tamiang hingga Propinsi Sumatera Utara, mereka sangat berperan dalam mengobarkan perang dan sebagai pen-support logistik untuk kepentingan GAM.
Namun MOU Helsinki15 Agustus 2005 silam tidak mengakui status kewilayahan mereka, karena yang diakui dalam MoU adalah wilayah GAM paling Timur Aceh hanya sampai hingga wilayah Peureulak Kabuaten Aceh Timur, dan Tamiang termasuk bagian dari wilayah Peureulak.
— bersama Maulida Anjalya dan Puput Dek.

No comments:

Post a Comment