info berita

Monday, November 11, 2013

Satelit Eropa Siap Hantam Bumi

TEMPO.CO, Jakarta - Perkiraan awal menunjukkan, puing-puing satelit Gravity Ocean Circulation Explorer (GOCE) milik Eropa akan jatuh di sekitar Asia Timur dan Pasifik Barat hingga ke Antartika, Minggu malam hingga Senin.

Dilaporkan laman BBC, satelit yang akan jatuh ke bumi akibat kehabisan bahan bakar ini terakhir diamati pada pukul 22.42 GMT (05.42 WIB), saat melintasi Antartika di atas ketinggian 121 kilometer.  Besar kemungkinan bahwa satelit ini akan hancur berkeping-keping karena terbakar atmosfer bumi.

Sebelumnya telah diperkirakan, risiko GOCE jatuh di wilayah berpenduduk sangat kecil. Kalaupun jatuh di wilayah berpenghuni, hal itu tidak akan membahayakan. Pasalnya, GOCE akan menjadi bagian-bagian kecil dan tidak mengandung zat berbahaya apa pun.

Satelit berbobot 1 ton ini dikirim ke luar angkasa pada Maret 2009 lalu. GOCE dikirim untuk memantau variasi gravitasi dan permukaan air laut. Hingga akhirnya, pada 21 Oktober 2013, satelit ini kehabisan bahan bakar dan tak mampu mengorbit lagi.

No comments:

Post a Comment