info berita

Monday, November 11, 2013

Ahok: Sumur Resapan untuk Petakan Akuifer

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mengebut pembuatan sumur resapan di Ibu Kota. Tujuannya agar air berlebih di musim hujan bisa lebih cepat diserap oleh tanah.

Ternyata ada satu lagi kegunaan pembuatan sumur resapan menurut Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. "Supaya tahu akuifer di daerah mana yang mudah menyerap air," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin, 11 November 2013.

Oleh sebab itu, pemerintah kini membuat sekitar 2.000 sumur resapan terlebih dulu untuk memetakan kondisi tanah di Jakarta. "Nanti kalau sudah ketahuan daerah yang cocok, tinggal kami tambah saja sumurnya," ujar lulusan Teknik Geologi itu.

Jika sumur dibuat di daerah dengan akuifer yang langsung terhubung dengan lapisan air tanah, air hujan akan mudah terserap. Namun jika sumur berada di akuifer bertekanan, air akan sulit masuk. "Kemungkinan besar daerah yang cocok itu di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Jakarta Utara tidak mungkin cocok," kata dia.

Selain berfungsi menyerap air, sumur resapan itu diharapkan dapat mengurangi risiko penurunan muka tanah. "Tetapi tahun ini efeknya belum akan terasa, paling baru terasa manfaatnya tahun depan," ujar Basuki.