info berita

Tuesday, January 14, 2014

160 Kilogram Emas Digarong Saat Malari

jakarta - Kerusuhan melanda Jakarta saat para mahasiswa menggelar apel unjuk rasa di kampus Trisakti, Jakarta Barat, pada 15 Januari 1974. Inilah rusuh pertama di era Soeharto yang baru beberapa tahun memimpin Republik.

Menurut salah seorang aktivis Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia yang mengikuti apel kala itu, Gurmilang Kartasasmita, kepada Tempo, bakar-bakaran terjadi saat mahasiswa belum selesai demonstrasi. Mahasiswa baru tahu kalau ada bakar-bakaran sepulangnya mereka dari kampus Trisakti.

“Di Jalan Juanda, bangkai-bangkai mobil terguling. Di kawasan Senen massa menyemut, kami mahasiswa bingung dengan apa yang terjadi,” katanya saat ditemui akhir tahun lalu.

Dalam kerusuhan Malari, 11 nyawa melayang, 75 orang terluka berat, sementara ratusan luka ringan. Sebanyak 775 orang jadi pesakitan, termasuk para aktivis politik dan mahasiswa.

Akibat beringasnya massa, 807 mobil dan 187 motor terbakar, 160 kg emas raib digarong. Selain itu terdapat 144 gedung yang porak-poranda, termasuk gedung Astra Toyota Motors, Coca-Cola, Pertamina, dan puluhan toko di proyek Senen.

No comments:

Post a Comment