info berita

Tuesday, May 28, 2013

Pulau Weh Sabang Tiada Hari Tanpa Pengunjung

Foto : Salah Satu Pantai Di Sabang ( Pantai Iboih, Sabang )

Sabang adalah sebuah kota yang paling ujung dan unik di propinsi aceh di sebuah pulau yang bernama Pulau Weh dulunya merupakan asrama jamaah haji sebelum diberangkatkan ke Mekkah, namun saat ini sudah menjadi daerah tujuan wisata dengan kawasan taman lautnya di kenal dengan indahnya laut dan terkenal dengan pelabuhan bebas. 

Pulau weh sabang berada di sebelah utara ibu kota propinsi aceh yaitu Banda Aceh dengan perjalanan kapal Fery sekitar 2,5 jam dan sekitar 50 menit dengan kapal cepat Express Bahari dengan jauh lebih kurang 16 mil.

Sabang banyak terdapat pulau-pulau kecil yang menjadi tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal dan manca negara, seperti pulau Rubiah, dll. Pulau Rubiah yang berada di sabang banyak di kunjungi masyarakat dan sudah terkenal ke manca negara.

Pulau Rubiah memang tidak berpenghuni,tetapi disini juga banyak yang dapat dinikmati wisatawan seperti memancing,suasana pasir putih yang bersih dan juga tersedia berbagai macam menu makanan,untuk menuju ke pulau Rubiah harus melakukan penyeberangan dengan menggunakan boat sewaan yang telah di sediakan oleh pemandu setempat dengan membayar mulai 150.000 sampai 400.000 tergantung boat dan tujuanya agar sampai ke pulai Rubiah dan mengelilingi pulau Rubiah.Di pulau Rubiah juga disewakan berbagai fasilitas seperti snokling, kamera nyelam dan perlengkapan nyelam dengan harga yang terjangkau mulai 40.000.

Akan tetapi, meskipun pesona alam bawah laut Pulau Rubiah ini terbuka untuk semua pengunjung, tetap ada peraturan beberapa larangan yang harus dipatuhi oleh para penyelam. Diantaranya adalah jangan menginjak karang, karena ditakutkan karang tersebut akan patah dan mati. Setiap pengunjung juga dilarang untuk mengambil apa saja yang adat di dalam laut dan dilarang untuk membuang sampah sembarangan untuk menjaga ekosisitem taman laut yang dilindungi.