info berita

Wednesday, August 21, 2013

Samsuardi ( Juragan ) Ketua DPRK Nagan Raya dari Partai Aceh Jadi Tersangka Pemukulan 2 Warga

Resmi : "Juragan" Samsuardi Ketua DPRK Nagan Raya dari Partai Aceh Jadi Tersangka Pemukulan 2 Warga.

*Samsuardi alias Juragan sejak sepekan terakhir hingga kemarin menghilang dari Nagan Raya.

BANDA ACEH - Tim Penyidik Polres Nagan Raya ternyata sudah menetapkan Ketua DPRK Nagan Raya, Samsuardi alias Juragan sebagai tersangka dalam kasus penculikan dan penganiayaan Riki dan Fadil (20), teman dekat istrinya, Maya Purnama Sari (22) pada 8 Juli lalu di kebun sawit Juragan. Namun, Kapolres Nagan belum menyurati Kapolda Aceh untuk meminta izin pemeriksaan Juragan sebagai tersangka kepada Gubernur Aceh.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrim Um) Polda Aceh, Kombes Pol Benny Gunawan menyampaikan hal itu menjawab Serambi kemarin saat menanggapi pernyataan Kepala Biro Hukum Setda Aceh, Edrian SH bahwa pihaknya maupun Gubernur Aceh belum menerima surat Polres Nagan Raya maupun Polda Aceh untuk mengizinkan pemeriksaan Juragan sebagai saksi, seperti diberitakan koran ini kemarin.

“Hasil koordinasi penyidik kami di sini dengan pihak Reskrim Polres Nagan bahwa pemeriksaan Juragan sebagai saksi oleh Polres setempat sudah dilakukan, bahkan yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai tersangka. Nah, sekarang surat permohonan pemeriksaan Juragan sebagai tersangka dari Kapolres Nagan kepada Dirreskrim Um atas nama Kapolda yang belum kami terima,” kata Kombes Pol Benny.

Karena itu, menurut Benny, sudah pasti Biro Hukum Setda Aceh belum menerima surat permintaan izin kepada gubernur itu. Sebab prosedurnya setelah Dirreskrim Um menerima surat permintaan ini dari Kapolres Nagan, maka Dir Reskrim Um atas nama Kapolda menyurati Gubernur Aceh minta diizinkan memeriksa Ketua DPRK itu dengan melampirkan beberapa dokumen terkait perkara ini.

“Jadi, saat ini Polres Nagan sedang menyiapkan surat permohonan izin pemeriksaan dimaksud ke kami. Selanjutnya, kami yang menyurati Gubernur Aceh, biasanya Gubernur membalas surat itu dengan memberi izin pemeriksaan ketua DPRK atau anggota DPRK yang tersangkut persoalan hukum,” jelas Benny didampingi Kabid Humas, Kombes Pol Gustav Leo dan Kasubdit II, Kompol Sigit Ali Ismanto.

Ditanya lebih detail peran Juragan dalam perkara ini, Kombes Pol Benny mengatakan Polres Nagan-lah yang lebih mengetahuinya atau keterlibatan Juragan baru diketahui lebih jelas setelah ia diperiksa sebagai tersangka.

Menurut catatan Serambi, dengan ditetapkan Juragan sebagai tersangka, berarti sudah enam orang berstatus tersangka dalam perkara ini. Lima tersangka sudah ditangkap sebelumnya adalah Abdullah Basyah (keuchik di kampung Juragan), Din Abadi, dan Muhammad Jabar. Kemudian, pada 13 Agustus 2013, polisi menangkap lagi dua tersangka yang diyakini sebagai saksi kunci, yaitu Dedi dan Raja Lila. Sedangkan sebelas lainnya masih buron.

Seperti diketahui, Riki dan Fadil adalah dua pemuda yang mengalami cedera dan harus dirawat intensif di Medan, Sumatera Utara, karena disiksa. Keduanya dipukuli ramai-ramai setelah ketahuan pergi jalan-jalan satu mobil dengan istri Juragan, Maya Purnama Sari. Maya sendiri mengaku tak punya hubungan asmara dengan Riki maupun Fadil, kecuali sebatas teman sejak SMP.

* Juragan Menghilang dari Nagan
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya, Samsuardi alias Juragan sejak sepekan terakhir hingga Senin (19/8) kemarin menghilang dari kabupaten itu. Ia absen dari keharusan menjalankan kewajibannya sebagai ketua di lembaga legislatif itu, sehingga tugasnya harus diambil alih oleh wakil ketua dewan.

Informasi yang dihimpun berbagai sumber di lingkungan DPRK Nagan Raya maupun saudara dan koleganya di Banda Aceh kemarin menyebutkan bahwa sekitar tiga-empat hari lalu ada yang melihat Juragan berada di Banda Aceh. Setelah itu ia bertolak ke Malaysia.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Gunawan Eko Susilo SIK yang dikonfirmasi Serambi kemarin siang mengaku belum tahu bahwa Ketua DPRK setempat Samsuardi alias Juragan sudah seminggu tak berada di wilayah Nagan. Ia juga tak dapat kabar kalau ternyata Juragan sudah terbang ke Malaysia.

No comments:

Post a Comment